IKUTI
SEKILAS INFO
  • 3 tahun yang lalu / Abbetama Tour & Travel adalah sebuah perusahaan berbadan hukum yang bergerak di bidang Jasa Pariwisata Domestik dan Internasional
7 Tempat Wisata di Indonesia yang Paling Sering Dikunjungi

7 Tempat Wisata di Indonesia yang Paling Sering Dikunjungi

Oleh : abbetama - Kategori : Artikel Travel
28
Sep 2021

Jakarta, CNN Indonesia — Keindahan dan pesona alam Indonesia sejak lama telah dikenal mancanegara. Tak heran jika ada sejumlah tempat wisata yang paling banyak dikunjungi di Indonesia.
Ada beberapa tempat yang bertahan sebagai destinasi wisata populer di Indonesia. Ada juga beberapa tempat baru, yang dulu barangkali saja tak begitu populer.

Namun, berkat informasi yang tersebar dari mulut ke mulut, ditambah dengan kemampuan dunia maya dalam menyebarkan kabar, sejumlah tempat wisata itu jadi begitu terkenal di Indonesia. Perlahan, tempat-tempat itu ramai dikunjungi para pelancong, baik lokal maupun mancanegara.

Keindahan tempat wisata, ditunjang dengan kebudayaan setempat yang unik dan menarik, flora dan fauna, kuliner khas, dan lain sebagainya menarik perhatian banyak orang.

Baca juga : 7 Tips Aman Traveling di Masa Pandemi yang Serba Tak Pasti

Berikut tempat wisata yang paling banyak dikunjungi di Indonesia.

1. Bali

Bali tentu sudah tak asing lagi bagi para pelancong. Pulau Dewasa memang memiliki magis atau pesona yang kuat untuk menarik wisatawan lokal dan mancanegara.

Daerah Uluwatu digadang-gadang sebagai tempat terbaik melihat matahari terbenam di Bali. Ingin menikmati asyiknya beach bar dan music chill dengan sunset? Anda bisa pergi ke Uluwatu.

Ingin mencari ketenangan dan meditasi? Anda bisa mengunjungi Ubud dan sekitarnya. Ingin bersantai sembari bermain di pantai? Anda bisa mengunjungi deretan pantai di Badung Selatan.

2. Labuan Bajo

Pulau Komodo sudah lama dikenal sebagai tempat eksotis. Namun, kala itu belum banyak orang yang berminat untuk berkunjung.

Beberapa tahun terakhir, pesona Labuan Bajo mulai menarik perhatian mancanegara. Terbukti dengan datangnya para pesohor dunia ke tempat ini, sebut saja Arjen Robben, Valentino Rossi, Gwyneth Paltrow, dan lainnya.

Pesona Labuan Bajo tidak hanya terletak pada habitat hewan purba Komodo. Anda juga akan takjub saat mendaratkan kaki di Pulau Padar yang menyerupai lokasi syuting film Jurassic Park.

Selain itu, terdapat juga Pink Beach, pantai dengan pasir putih yang jika terkena air akan berubah warna.

Kemudian ada Pulau Rinca, Pulau Kanawa, Pulau Kelor, dan Pulau Moyo. Dalam perjalanan ke pulau-pulau ini Anda akan melihat air laut yang bening dan berwarna biru jernih. Pulau-pulau tersebut hanya dapat dijelajahi dengan model wisata live on board.

3. Tiga Gili (Lombok)

Tetangga dari Pulau Bali, Lombok juga menjadi tempat wisata populer di Indonesia, khususnya tiga gili yang terkenal di mancanegara.

Gili sendiri berarti pulau kecil. Ketiga gili yang tersohor ini adalah Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air.

Aktivitas yang digemari di tiga gili ini adalah snorkling, menyelam, dan berselancar. Selain itu, wisatawan juga dapat menyewa sepeda untuk mengitari pulau.

Di Gili Air, Anda dapat menyelam dan melihat kehidupan bawah laut yang unik. Koral pada area Gili Air lebih berwarna di banding dua gili lainnya.
Sedangkan di Gili Meno, Anda dapat ber-snorkling dan menyelam, pemandangan lautnya tidak kalah bagus dari Gili Air.

Sementara pada Gili Trawangan, pulau yang paling besar, banyak aktivitas yang bisa dilakukan di pulau ini. Anda dapat menjajal berbagai kuliner khas, kesenian, atraksi wisata, dan lain sebagainya. Atraksi yang mungkin menjadi favorit turis adalah atraksi pelepasan tukik (bayi penyu) ke laut.

4. Gunung Bromo

Gunung Bromo salah satu tempat wisata yang paling banyak dikunjungi di Pulau Jawa. Keindahan Bromo sudah terasa saat pesawat mendekati landasan bandar udara Abdul Rachman Saleh.

Untuk bisa menikmati keindahan Bromo, Anda harus beristirahat cukup. Pasalnya, Anda harus berangkat subuh untuk melihat salah satu pemandangan matahari terbit terbaik di Pulau Jawa.

Sebelum berangkat, pastikan Anda menggunakan jaket hangat karena udara akan cukup dingin di puncak Bromo nanti. Area utama yang paling banyak dikunjungi adalah Puncak Penanjakan. Area ini menjadi spot utama pengambilan foto gunung bromo beserta kawahnya.

Sesaat sebelum matahari bersinar, mata Anda akan dimanjakan dengan lautan awan yang menutupi padang pasir dan hanya menyisakan puncak gunung Bromo saja. Untuk mendapatkan foto yang bagus, Anda perlu sedikit usaha mencari sudut yang tepat.

Puas menikmati keindahan Bromo, Anda akan dibawa merasakan sensasi menaiki kendaraan offroad di padang pasir. Tempat ini juga menarik untuk dijadikan potret dan sayang jika dilewatkan.

Puncak tur akan berakhir di Pura Agung Poten, yang berada di tengah-tengah padang pasir Bromo.

Untuk menyaksikan kemegahan kawah Bromo yang meraung-raung, Anda harus berjalan kaki dan menaiki ratusan anak tangga. Rasa lelah akan terbayarkan dengan keindahan pemandangan dari atas kawah.

5. Kawah Ijen

Kawah Ijen dikenal akan fenomena alam ‘api biru’ yang hanya ada dua di dunia. Selain fenomena api biru, Kawah Ijen menawarkan pesona alam lainnya.

Tempat wisata ini berada di dalam wilayah Cagar Alam Taman Wisata Ijen. Pada 2016, UNESCO menetapkan Gunung Ijen sebagai cagar biosfer.

Tempat paling spesial adalah danau yang berada di atas Gunung Ijen. Danau Ijen terbentuk dari proses letusan Gunung Ijen yang kemudian dipenuhi air. Air pada danau Ijen memiliki tingkat keasaman tinggi yang jika tersentuh, kulit dapat melepuh.

Selain danau, Kawah Ijen menawarkan keindahan panorama alam dengan hamparan bunga edelweiss serta pemandangan dari gunung-gunung di Jawa yakni, Merapi, Raung, dan Rante.
Untuk dapat menikmati semua keindahan itu, Anda harus memiliki fisik prima. Pasalnya, untuk dapat sampai ke puncak, Anda harus melewati trek yang cukup berat.

Belum lagi kondisi udara dingin dan bau belerang yang menyengat. Sebaiknya Anda membawa masker berjenis respirator sendiri.

Waktu terbaik untuk menikmati api biru dan keindahan Kawah Ijen adalah saat musim kemarau.

6. Sumba

Sumba merupakan sebuah pulau yang berada di Nusa Tenggara Timur. Keindahan dan pesona alam Sumba begitu menyihir para pelancong mancanegara. Sejumlah figur seperti David Beckham dan Jennifer Lawrence bahkan pernah datang ke tempat ini.

Pesona Sumba ada pada lanskap perbukitan sabana yang unik, karang bolong di pantai, dan pohon yang membentuk siluet seperti orang menari. Belum lagi budaya setempat yang begitu kaya.

Terdapat sembilan destinasi yang harus Anda lihat dan rasakan pengalaman serunya. Kunjungilah Weekuri Lagoon, sebuah danau yang disebut kolam renang alami dengan warna air hijau kebiruan.

Selanjutnya, ada pemandangan sunset menawan di Pantai Batu Bolong atau yang disebut juga Pantai Mbawana oleh penduduk setempat.

7. Derawan

Derawan, permata cantik dari Kabupaten Berau, Kalimantan Timur ini pamornya tengah naik dalam beberapa tahun terakhir. Pesonanya disebut-sebut menyamai pesona Raja Ampat.

Tak heran jika Derawan kerap disejajarkan dengan Raja Ampat, atraksi yang bisa Anda lihat di kawasan ini sangat alami. Anda dapat melihat langsung dan berenang bersama hiu paus (whale shark) yang termasuk langka. Anda juga dapat menikmati keindahan terumbu karang Derawan.

Terumbu karang Derawan disebut kedua yang terbanyak setelah Raja Ampat, dengan lebih dari 400 ribu jenis terumbu karang yang hidup di laut Derawan. Memiliki sertifikat diving tidak lagi bisa ditawar untuk menikmati keindahan bawah laut Derawan.

Keunikan lainnya, Anda dapat berenang bersama ubur-ubur di Danau Kakaban tanpa perlu takut tersengat. Saat berenang di danau ini, hindari menggunakan body lotion demi menjaga ekosistem air danau.

Itu-lah deretan tempat wisata yang paling banyak dikunjungi di Indonesia.

Di tengah pandemi Covid-19, perjalanan wisata masih dikategorikan sebagai perjalanan bukan darurat, sehingga sebaiknya tidak dilakukan demi mencegah penyebaran dan penularan Covid-19, terutama di daerah yang masih minim fasilitas kesehatannya.

Jika hendak melakukan perjalanan antarkota atau antarnegara, jangan lupa menaati protokol kesehatan pencegahan Covid-19, dengan mengenakan masker, mencuci tangan, serta menjaga jarak fisik antarpengunjung. Jangan datang saat sakit dan pulang dalam keadaan sakit.

Baca berikutnya : Kejenuhan dan Liburan di Masa Pandemi

Bagikan :
2 Komentar

16 Tips Terbaik Untuk Rencana Travelling, Friday, 8 Oct 2021

[…] Baca juga : 7 Tempat Wisata di Indonesia yang Paling Sering Dikunjungi […]

Reply

Turis di Malioboro Jogja Bisa Vaksin dan Tes Antigen pada Akhir Pekan, Wednesday, 27 Oct 2021

[…] Baca berikutnya : 7 Tempat Wisata di Indonesia yang Paling Sering Dikunjungi […]

Reply